Distribusi Pemasaran Hasil Tangkapan Nelayan yang Didaratkan di Bangliau Mara Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau

  • Siska Handayani Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Eni Yulinda Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Darwis Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
Keywords: margin pemasaran, fisherman share, saluran pemasaran, pendapatan nelayan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran distribusi pemasaran hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di Bangliau Mara, untuk mengetahui besaran margin pemasaran yang diterima pada masing-masing lembaga pemasaran hasil tangkapan nelayan, untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran hasil tangkapan nelayan pada masing-masing lembaga pemasaran di Bangliau Mara. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan melakukan observasi secara langsung ke objek penelitian dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, penentuan responden menggunakan metode sensus dan snowball yang berjumlah 63 orang. Hasil penelitian menunjukkan Total margin pemasaran tertinggi pada kegiatan distribusi pemasaran hasil tangkapan nelayan di Bangliau “Mara” di saluran agen Pekanbaru terjadi pada jenis udang secara keseluruhan sebesar Rp. 30.000; saluran agen Kandis juga terjadi pada jenis udang secara keseluruhan sebesar Rp. 26.000; saluran agen Duri terjadi pada udang, ikan Tenggiri, ikan Senangin, dan ikan gulama secara keseluruhan masing masing jenis udang dan ikan sebesar Rp. 24.000; sedangkan saluran agen Dumai terjadi pada hasil tangkapan berupa udang, secara keseluruhan margin pemasarannya sebesar Rp. 25.000.- saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran (I), menggunakan konsep biaya pemasaran yang dilakukan saluran pemasaran (I), menggunakan konsep biaya pemasaran yang dilakukan dengan biaya terendah untuk daerah Kandis pada komoditas ikan Tenggiri yaitu 4,6% dan Udang 4,8%. Daerah Duri pada komoditas Ikan Tenggiri 4,5% dan Udang 4,7%. Pada daerah Dumai untuk komoditas ikan Tenggiri 4,3% dan Udang 4,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adjam, N. I. 2016. Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Perubahan Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Widyatama Repository Universitas Widyatama.
Malik. 2006. Kajian Distribusi Hasil Tangkapan Ikan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Muara Angke, Jakarta Utara. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Nuriati, N. K. 2017. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.
Pamikiran, A., Pontoh, O., & R.R. Aling, D. 2013. Pola Pemasaran Ikan Tuna (Thunnus albacores) Studi Kasus di Pasar Bersehati, Kelurahan Calaca, Kota Manado. AKULTURASI (Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan).
Pradini, U. R., Yulinda, E., & Arief, H. 2017. Distribusi Dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan di Bangliao Hasan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Terubuk.
Sarwanto, C. 2013. Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.
Supriana, A. 2003. Analisis Sistem Pemasaran Gabah/Beras (Studi Kasus Petani Padi di Sumatera Utara). Laporan Penelitian. Pusat penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.
Syahza, A. 2003. Paradigma Baru: Pemasaran Produk Pertanian berbasis Agribisnis. Jurnal Ekonomi PPD&I Fakultas Ekonomi Tarumanegara, Jakarta.
Published
2023-07-29
How to Cite
Siska Handayani, Eni Yulinda, & Darwis. (2023). Distribusi Pemasaran Hasil Tangkapan Nelayan yang Didaratkan di Bangliau Mara Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 4(3), 25-38. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/140