Strategi Komunikasi Pemasaran Ekowisata Mangrove di Bandar Bakau Kota Dumai Provinsi Riau
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada Juni 2021 di Ekowisata Bandar Bakau, Kota Dumai, Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran ekowisata. Penelitian ini menggunakan metode survei. Responden terdiri dari 30 orang pengunjung ekowisata yang diambil secara accidental sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan kondisi ekosistem mangrove di objek ekowisata Bandar Bakau masih dikategorikan baik, sebab keanekaragaman vegetasi dan faunanya cukup tinggi. Berdasarkan analisis data, strategi komunikasi pemasaran ekowisata Bandar Bakau adalah pembuatan paket wisata, menjalin kerjasama dengan stakeholder seperti LSM dan instansi pendidikan, penggunaan internet dan media sosial dalam meningkatkan promosi ekowisata.
Downloads
References
Arianto 2021. Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Jawa Timur: Airlangga University Press.
Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. 2017. Buku Ajar Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Fahmi, I. 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hendri, R., & Yulinda, E. 2019. Media Komunikasi Pembangunan Perikanan. Pekanbaru: UR Press.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suryana. 2006. Kewirausahaan, Pedomana Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, R.B. 2016. Potensi dan Daya Dukung Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Bandar Bakau Dumai. Jurnal Online Mahasiswa FAPERTA UR, 3(2), 1-11.
Yakup, A.P. 2019. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Tesis. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.
Yoeti, Oka. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.