Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Olahan Mangrove di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara

  • Erna Sihite Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Ridar Hendri Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Eni Yulinda Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
Keywords: strategi pemasaran, mangrove, analisis swot, analisis produk

Abstract

Strategi pengembangan pemasaran merupakan salah satu dasar yang dipakai dalam menysusun perencanaan suatu usaha secara menyeluruh yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi segmen usaha dalam menjalankan kegiatannya, selain itu pentingnya juga strategi ini dikarenakan semakin kerasnya persaingan usaha pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan umum usaha pengolahan mangrove serta menganalisis trend pemasaran dan strategi pengembangan pemasarannya. Responden dalam penelitian ini seluruh anggota Kelompok Muara Tanjung yang berjumlah 17 orang, yang ditentukan secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan produk olahan mangrove masih menggunakan peralatan yang sederhana. Jenis produk yang dihasilkan ialah: kerupuk jeruju dijual dengan harga Rp 80.000/Kg, sirup pedada (Rp 12.000/250 ml) dan dodol api-api (Rp 40.000/Kg). Selanjutnya, dari hasil analisis SWOT strategi yang didapatkan ada 3 yaitu: (SO1) Melakukan pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas produk yang lebih bervariatif; (ST1) Mempertahankan kualitas dan ciri khas dari produk mangrove dan (WO1) Melakukan promosi produk dengan mengedukasi konsumen dengan media cetak dan elektronik secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daniel, 2009. Perencanaan dan Analisis Proyek Perikanan. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Jakarta. 12 hal

Istiyanti, E. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Pertanian Mapeta 12(2). 124 hal

Kotler P,and Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga.

Levens, M. 2010. Marketing: Defined, Explained, Applied. International Edition. Pearson: Prentice Hall

Setiorini, F. 2008. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Mas Di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. [Skripsi] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sudiyono, 2009. Pemasaran Pertanian Mengenai Margin Pemasaran dan Biaya-Biaya Lembaga Pemasaran. UMM Prees. Malang. 221 hal

Sutarno, 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri Jurnal Agrenika. 14 (1): Jawa Tengah. 10 hal

Tjipno, F. 2010. Analisis Pemasaran Mengenai Strategi Pemasaran: Edisi 3. Andi offset. Yogyakrta. 185 hal.

Published
2023-04-01
How to Cite
Erna Sihite, Ridar Hendri, & Eni Yulinda. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Olahan Mangrove di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 4(2), 31-40. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/132