Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Olahan Mangrove di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Strategi pengembangan pemasaran merupakan salah satu dasar yang dipakai dalam menysusun perencanaan suatu usaha secara menyeluruh yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi segmen usaha dalam menjalankan kegiatannya, selain itu pentingnya juga strategi ini dikarenakan semakin kerasnya persaingan usaha pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan umum usaha pengolahan mangrove serta menganalisis trend pemasaran dan strategi pengembangan pemasarannya. Responden dalam penelitian ini seluruh anggota Kelompok Muara Tanjung yang berjumlah 17 orang, yang ditentukan secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan produk olahan mangrove masih menggunakan peralatan yang sederhana. Jenis produk yang dihasilkan ialah: kerupuk jeruju dijual dengan harga Rp 80.000/Kg, sirup pedada (Rp 12.000/250 ml) dan dodol api-api (Rp 40.000/Kg). Selanjutnya, dari hasil analisis SWOT strategi yang didapatkan ada 3 yaitu: (SO1) Melakukan pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas produk yang lebih bervariatif; (ST1) Mempertahankan kualitas dan ciri khas dari produk mangrove dan (WO1) Melakukan promosi produk dengan mengedukasi konsumen dengan media cetak dan elektronik secara online.
Downloads
References
Daniel, 2009. Perencanaan dan Analisis Proyek Perikanan. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Jakarta. 12 hal
Istiyanti, E. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Pertanian Mapeta 12(2). 124 hal
Kotler P,and Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga.
Levens, M. 2010. Marketing: Defined, Explained, Applied. International Edition. Pearson: Prentice Hall
Setiorini, F. 2008. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Mas Di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. [Skripsi] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Sudiyono, 2009. Pemasaran Pertanian Mengenai Margin Pemasaran dan Biaya-Biaya Lembaga Pemasaran. UMM Prees. Malang. 221 hal
Sutarno, 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri Jurnal Agrenika. 14 (1): Jawa Tengah. 10 hal
Tjipno, F. 2010. Analisis Pemasaran Mengenai Strategi Pemasaran: Edisi 3. Andi offset. Yogyakrta. 185 hal.