Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Kuliner Ikan di Restoran Pondok Patin H.M. Yunus Pekanbaru

  • Nopa Ratna Sari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Ridar Hendri Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Zulkarnain Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
Keywords: komunikasi pemasaran, kuliner ikan, pondok patin yunus, Riau

Abstract

Penelitian dilakukan di “Restoran Pondok Patin H.M. Yunus Pekanbaru” pada bulan Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran, teknik komunikasi pemasaran yang dilakukan selama ini dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi restoran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi pemasaran yang digunakan adalah (a) komunikasi antarpribadi (menghubungi konsumen menggunakan telepon, menyediakan juru bicara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris untuk melayani pengunjung asing); (b) komunikasi kelompok (menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan dengan melakukan presentasi); (c) komunikasi massa (melalui promosi di surat kabar, instagram, e-majalah bandara, TV, radio, baliho, dan papan nama. Kendala dalam komunikasi pemasaran adalah tidak menggunakan fasilitas jaringan pemasaran online (Gofood) karena harus menaikkan harga sebesar 20% dan tidak menggunakan website karena membuat website diperlukan biaya tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-07
How to Cite
Nopa Ratna Sari, Ridar Hendri, & Zulkarnain. (2021). Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Kuliner Ikan di Restoran Pondok Patin H.M. Yunus Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 1(3), 13-21. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/47

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>