Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Salai di Pasar Bawah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

  • Khaira Usnia Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Kusai Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Zulkarnain Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
Keywords: perilaku konsumen, ikan salai, pasar bawah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 September – 6 Oktober 2019 di Pasar Bawah Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pembeli ikan Salai, untuk menganalisis perilaku konsumen dalam membeli ikan salai dan untuk mengetahui hubungan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian ikan Salai di Pasar Bawah Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Metode yang digunakan adalah metode survei yang di analisis menggunakan Rank Spearman dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 45 responden yang diolah menggunakan aplikasi SPSS.

Karakteristik konsumen ikan salai meliputi : umur, pendidikan, pendapatan keluarga dan jumlah anggota keluarga. Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian ikan salai adalah pengenalan kebutuhan, sumber informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku sesudah pembelian. Hubungan karakteristik terhadap keputusan pembelian ikan salai menyatakan bahwa hubungan pendapatan terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan yang signifikan dan hubungan umur, pendidikan dan jumlah anggota keluarga terhadap keputusan pembelian  tidak memiliki hubungan atau tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-15
How to Cite
Khaira Usnia, Kusai, & Zulkarnain. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Salai di Pasar Bawah Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 1(2), 74-83. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/35

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2