Preferensi Konsumen Etnis Batak Terhadap Ikan Mas (Cyprinus Carpio) di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara

  • Desi Intan Sari Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Zulkarnain Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
  • Firman Nugroho Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas Riau
Keywords: preferensi, konsumen, ikan mas, medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Preferensi konsumen etnis batak terhadap Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Pasar Tradisional kota Medan. Untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap Ikan Mas yang dipengaruhi oleh adat istiadat dan selera konsumen. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan melakukan penelitian secara langsung ke lapangan, Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik pendekatan Binomunal yang dilakukan secara proporsi dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 68 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen etnis batak pada penelitian ini memilih kondisi fisik ikan yang masih hidup, kesegaran mata ikan cerah dan bening, kesegaran insang ikan berwarna merah segar, kelenturan daging ikan yang padat dan kenyal, bau ikan yang segar, serta harga ikan yang terjangkau dan aturan adat dalam mengkonsumsi ikan mas pada etnis batak yaitu, pada batak Toba ikan Mas adalah makanan khas yang wajib ada disetiap adatnya sedangkan pada batak Karo ikan Mas hanya sebagai pengganti makanan khas mereka yaitu terites karena jika suku Karo tidak sanggup membeli lembu maka alternative lain yang dikonsumsi adalah ikan Mas, pada suku batak Simalungun ikan Mas juga harus ada, tetapi harus didampingi dengan dayok binatur agar acara tersebut semakin berjalan dengan baik dan pada batak Mandailing Ikan Mas juga salah satu masakan yang wajib ada disetiap adatnya. Oleh karena alasan inilah Ikan mas sangat penting bagi kebutuhan etnis batak di Kota Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansella, J. 2019. Pendugaan parameter. Jakarta: Academia 2019.
Matheus, E. 2019. Budaya Batak. Makalah dikutip dari https://www. academia. edu/9349550/Makalah_tentang_budaya_batak.html (diakses pada tanggal 25 Agustus 2019).
Maxmanroe. 2019. Pengertian Budaya. https://www. maxmanroe. com/ vid/ umum pengertian-budaya.html. (diakses pada tanggal 10 Januari 2018).
Noviyanti, C. (2009). Potensi Komoditas Unggulan dan Lokasi Pengembangan. Potensi Sumatera Utara. https://www.scribd.com/doc/78500731/ potensi -sumatera-utara. (diakses pada tanggal 12 Januari 2012).
pardede, J. 2018. Batak dan Bukan Batak: Paradigma Sosiohistoris tentang Konstruksi Identitas Etnik di Kota Medan, 1906-1939.Jurnal Sejarah Citra Lekha. Vol 3, No 2.
Prinda, w. 2017. Model Sikap Fishbein. https://www.dictio.id/t/apa-yang dimaksud- dengan- model- sikap- fishbein.(diakses pada tanggal 17 November 2017.)
Samuel. 2016. Pengertian Preferensi. Enterpreneurship Education Without Bundaries.http://ciputrauceo.net/blog/2016/4/25/preferensi-konsumen-dan-tahapannya.( diakses pada tanggal 25 April 2016).
Snedecor GW , & Cochran WG . 2015. Menghitung Besar Sampel Penelitian - Uji Statistik.Skripsi.Statistical Methods 6th ed, Ames, IA: Iowa State University Press.
Timmen, M. 2015. Budaya Batak. Profil Ikan Mas Dalam Budaya Batak. https://www.kompasiana.com/ mariatimmen/profil-ikan-mas-dalambudaya batak.html (diakses pada tanggal 18 Mei 2011).
Published
2023-07-29
How to Cite
Desi Intan Sari, Zulkarnain, & Firman Nugroho. (2023). Preferensi Konsumen Etnis Batak Terhadap Ikan Mas (Cyprinus Carpio) di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 4(3), 1-8. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/137