Analisis Tingkat Minat Anak Usia Sekolah Dasar Mengonsumsi Ikan dan Produk Perikanan (Biscuit Modisco Ikan Lele) di Desa Alue Ambang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya

  • Liza Misnati Program Studi Perikanan, Universitas Teuku Umar
  • Syarifah Zuraidah Program Studi Perikanan, Universitas Teuku Umar
Keywords: biscuit modisco, gizi anak, minat anak, konsumsi ikan, olahan ikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase anak yang menyukai ikan dan biscuit modisco ikan lele usia sekolah. Metode data penelitian deskriptif pada tingkat minat anak usia sekolah dasar dengan metode survei mengunakan quetioner dan uji organolabtik. Capaian dari penelitian ini adalah olahan ikan sebagai alternatif kepada anak yang rendah akan konsumsi ikan, dan untuk  memenuhi sumber  energi  dari biscuit modisco  ikan lele untuk mencegah kekurangan gizi pada anak usia sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk  mengetahui presentase konsumsi protein ikan pada anak usia sekolah dasar menjadi salah satu indikator  tercukupinya  protein  pada masa sekolah dasar  dimana masa usia sekolah dasar  juga masa transisi  ke  remaja  yang membutuhkan tingkat protein  yang   harus  tercukupi   untuk  mengoptimalkan  tumbuh kembang otak salah satu  caranya ialah melakukan pengukuran tingkat minat konsumsi ikan dan  olahan kue ikan modisco pada pada anak usia sekolah dasar kelas IV, V, dan VI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almatsier, S. 2011. Daur Kehidupan dan Gizi, Jakarta, PT Gramedia Utama.

Alvina Yarra Putri, 2015, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pola Konsumsi Makan Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Huda. Jakarta Selatan.

Dessy Lutfiasari 2020, Efektifitas Pemberian Modisco Terhadap Berat Badan Balita Gizi Kurang dan Gizi Buruk, Universitas Kediri.

Hariyani Sulistyoningsih, 2011, Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ika Apriyana 2014, Pengaruh Penambahan Tepung Kepala Ikan Lele (ClariasSp) dalam Pembuatan Cilok Terhadap Kadar Protein dan Sifat Organoleptiknya. Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Karyanto Y. 2011, Peningkatan Konsumsi Protein Untuk Anak Paud, Univesitas PGRI.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2017. Bangun Gizi Masyarakat dengan Gemar Konsumsi Ikan, Indonesia.

Proverawati, Atikah, Kusumawati, Erna, 2011. Ilmu Gizi Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Published
2023-04-05
How to Cite
Liza Misnati, & Syarifah Zuraidah. (2023). Analisis Tingkat Minat Anak Usia Sekolah Dasar Mengonsumsi Ikan dan Produk Perikanan (Biscuit Modisco Ikan Lele) di Desa Alue Ambang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 4(2), 8-17. Retrieved from https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/129