Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Baung (Mystus nemurus ) di Pasar Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumen ikan baung di pasar Teratak Buluh, menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian ikan baung di pasar Teratak Buluh dan menganalisis faktor serta variabel dominan yang dibeli konsumen di pasar Teratak Buluh. Lokasi penelitian dilakukan di pasar Teratak Buluh. Teknik penentuan responden dengan cara judgment sampling dengan menggunakan 40 konsumen. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengukuran data menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis faktor menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam membeli ikan baung adalah faktor tempat dengan nilai eignvalue sebesar 3,657. Faktor dominan kedua adalah faktor produk dengan eignvalue sebesar 1,317. Faktor ketiga adalah faktor harga dengan nilai setara 1,004. Variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan baung untuk faktor tempat adalah variabel kenyamanan (factor loading 0.895), faktor produk adalah variabel ukuran (factor loading 0.879), dan faktor harga adalah variabel harga (factor loading 0,856).