Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Ikan Konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan perilaku konsumen serta menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan konsumen membeli ikan konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Juni 2023 di Pasar Tradisional Ciwastra Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini 109 responden. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda dengan SPSS. Karakteristik konsumen meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, pendapatan per bulan, dan jumlah tanggungan keluarga. Dalam penelitian ini variabel bebas meliputi budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), psikologi (X4), harga (X5), pendapatan (X6), jumlah tanggungan (X7), dan selera (X8). Variabel terikatnya adalah keputusan membeli (Y). Variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra. Sedangkan secara parsial faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi keputusan membeli ikan konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra adalah faktor budaya (X1), faktor psikologis (X4), faktor harga (X5), faktor pendapatan (X6), faktor dependen (X7), dan faktor rasa (X8). Faktor perilaku konsumen yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli ikan konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra adalah faktor psikologis (X4).