Pengaruh Media Sosial Instagram Sebagai Alat Promosi Terhadap Penjualan di Restoran Seafood Kang Bewok Pekanbaru Provinsi Riau
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yang bertempat di Restoran Kang Bewok Pekanbaru Provinsi Riau. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, mengumpulkan data melalui wawancara dengan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang merupakan followers dari Restoran Seafood Pekanbaru sebanyak 100 orang yang diambil secara Purposive Sampling dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden Kang Bewok Pekanbaru memiliki umur paling banyak yaitu usia 21-25 tahun sebanyak 31 orang, sedangkan usia dibawah 20 tahun ada 23 orang, dan usia 26-30 tahun ada 29 orang, besar dari 30 tahun ada 17 orang. Pendidikan responden rata-rata sudah tamat SMA. Pendapatan responden rata-rata Rp1.000.000-Rp3.000.000. Ada dua jenis konten informasi tentang produk seafood di Restoran Kang Bewok, yaitu konten reguler dan konten instagram story. Konten reguler adalah konten-konten yang berupa foto atau video yang diupload secara reguler di instagram. Sedangkan instagram story adalah konten yang dimuat pada fitur story yang tayang berlakunya 24 jam. Konten foto terdiri ada caption, gambar, hashtags, like, sedangkan video terdiri atas gambar, suara, caption, dan untuk instagram story terdiri atas caption, suara. Dimana isi dari ketiga isi konten ini tentang produk makanan dan pengunjung yang datang. Dimnana durasi dari setiap video lebih kurang 1 menit dan untuk instagram story 15 detik. Omset penjualan sebelum menggunakan instagram sebesar Rp63.0000.000 dengan rata-rata Rp21.000.000 selama 3 bulan, dan sesudah menggunakan instagram sebesar Rp269.000.000 dengan rata-rata Rp24.454.545 selama 11 bulan. Dari hasil analisis regresi linear berganda faktor yang mempengaruhi variabel penjualan adalah Frekuensi seperti produk, promosi, harga dan tempat.